APA KATA HADIST SOAL SUSU KAMBING ETAWA?

Jika ditanya, apakah susu kambing etawa halal? Lalu apa penjelasan hadist soal susu kambing etawa?

Ok. Sekarang kami akan jelaskan tentang hadist yang mengatakan susu kambing etawa. Tapi, sebelumnya kami akan memberikan sedikit riwayat Ibnu Abbas ra sahabat Rasulullah SAW . Beliau mengatakan, “Aku bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Khalid bin al Walid masuk ke rumah Maimunah. Maimunah menyuguhkan kepada kami satu wadah susu kambing. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas meminumnya. Aku berada di sebelah kanan Rasulullah sedangkan Khalid ada di sebelah kiri Rasulullah.”

Dari riwayat tersebut terbukti sudah bahwa susu kambing etawa merupakan minuman yang halal, karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri meminumnya. Namun kami tidak hanya memberi riwayat itu saja, agar bukti semakin kuat. Karena juga masih ada hadist riwayat lain yang mengatakan tentang susu kambing etawa. Bahkan ada Ustazd yang pernah berkata bahwa seorang itu boleh jadi kafir jika dia membaca hadis dan paham mengikuti logika dan akalnya sendiri. Sehingga, kami perlu mencari banyak referensi salah satunya adalah hadist riwayat nabi tentang meminum susu kambing dan alhasil, banyak ditemukan hadist riwayat nabi soal meminum susu kambing, namun lebih hadist-hadist dhoif dan palsu berkaitan susu kambing. Sehingga, banyak yang salah kaprah mengenai susu kambing etawa. Bahkan ada juga yang bertanya-tanya, lebih baik meminum susu kambing atau susu sapi?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Jika minum susu maka ucpkanlah, ‘Allahumma barik lana fihi wa zidna minhu’ (Ya Allah berkailah kami pada susu ini dan tambahkanlah untuk kami lebih dari itu) karena tidak ada makanan dan minuman yang setara dengan susu.” (HR. Al-Baihaqi dalam Syu’abul Iman;5957). Hadist riwayat tersebut membuktikan bahwa susu merupakan makanan dan minuman yang terbaik, karena tidak ada yang mengalahkan khasiat susu apalagi susu kambing etawa.

Selain itu, Nabi SAW juga bersabda, “Ada tiga pemberian yang tidak boleh ditolak, yaitu bantal, minyak wangi, dan juga susu.” (HR. At Tirmizi dari Umar dan terdapat juga di dalam Shahihul Jami’;3046 dan Ash Shaihah;619 dan Shahih At Tirmizi;2241). Dengan kata lain, susu merupakan salah satu minuman yang tidak boleh ditolak, ketika ada orang lain yang menawarkan.

Dalam Al-Qur’an juga menyebutkan firman Allah SWT tentang kebaikan susu, namun dalam bentuk umum, yaitu susu binatang ternak. Sehingga, susu kambing pun termasuk, karena kambing merupakan binatang ternak juga. Firman Allah, “Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum daripada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.” (QS. An Nahl;66). Bahkan Allah berfirman bahwa susu merupakan suatu minuman yang mudah diminum, sehingga susu kambing etawa juga termasuk minuman yang mudah dicerna oleh tubuh.

Susu kambing etawa sendiri merupakan minuman yang tidak kalah bergizinya dibandingkan dengan susu sapi. Bahkan hampir tidak ada keluhan-keluhan kesehatan yang sering dijumpai banyak orang, ketika meminum susu kambing etawa.

Susu kambing etawa memang disarankan diminum ketika masih mentah dan bersih. Karena, Nabi Muhamad SAW sendiri menyarankan kepada semua umatnya untuk meminum susu segar yang dimaksudkan adalah susu yang masih mentah. Ketika beliau memilih susu segar, beliau bersabda, “Dalam susu yang segar ini terdapat untung baik dan keamanan.” Hadist tersebut diriwayatkan oleh Al-Bukhari. Susu yang dimaksudkan Rasulullah di antaranya susu unta, lembu, bahkan susu kambing etawa. Dan perlu diketahui bahwa di jaman tersebut, hewan yang paling banyak dipelihara adalah kambing. Nabi Muhamad SAW sendiri awalnya merupakan seorang pengembala kambing sejak usia masih 12 tahun.

Selain itu, salah susu kambing etawa pun memiliki beberapa manfaat, dan salah satunya adalah untuk mencgah penyakit usus. Susu kambing etawa merupakan susu yang mempermudah pencernaan dalam tubuh, sehingga susu kambing etawa sangat cocok bagi orang-orang yang memiliki masalah pada ususnya atau gangguan pencernaan yang disebabkan oleh inflamasi. Susu kambing etawa memiliki sifat probiotik yang dapat mendorong pengembangan sistem pencernaan yang lebih baik.

Terbukti kuat bukan mengenai kehalalan dan khasiat susu kambing etawa? Jika Anda masih kurang percaya silahkan berpikir lagi dan membuka referensi lain mengenai susu kambing etawa. Karena bagi kami penjelasan dari hadist-hadist di atas sudah cukup membantu membuktikan bahwa susu kambing etawa adalah minuman halah dan disarankan oleh Nabi Muhamad SAW.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *