9 kandungan penting dalam susu kambing etawa

Susu kambing Etawa merupakan salah satu variasi produk susu yang dihasilkan Spesies kambing Etawa yang berasal dari India. Di negeri asalnya, kambing Etawa disebut juga kambing Jamnapari. Susu yang dihasilkan oleh jenis kambing ini memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh manusia. Khasiat medis dari susu kambing Etawa juga beragam, dimulai dari menekan jumlah bakteri hingga menyembuhkan beragam penyakit. Dengan manfaat yang beragam tersebut, susu kambing Etawa menjadi populer di kalangan pecinta susu dan mulai banyak beredar di pasaran Indonesia. Apa yang menyebabkan susu kambing Etawa memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuh manusia?

1. Fluorine dan Betakasein

kandungan dua senyawa tersebut pada susu kambing Etawa 10-100 kali lebih tinggi daripada kandungan pada susu sapi. Senyawa terebut merupaan antiseptik dan anti alergi alami yang berfungsi menekan pertumbuhan bakteri pada tubuh manusia.Selain memicu kinerja sistem imunitas dalam tubuh manusia, kandungan senyawa tersebut sangat dianjurkan untuk penderita penyakit asma, TBC, Bronchitis, dan Pneumonia.

2. A2-Betaksein dan Asam Amino Esensia

senyawa ini merupakan pembentuk insulin.Seperti yang kita ketahui, insulin berfungsi untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Oleh karena itu, kandungan senyawa ini dalam susu kambing Etawa sangat direkomendasikan untuk penderita Diabetes Mellitus. Karena penderita diabetes tidak dapat memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup untuk mengatur kadar gula dalam darah, maka disinilah senyawa ini mengambil perannya.

3. Cynokobalamin

penderita Demam Berdarah dan Anemia pada umumnya mengalami kekurangan zat Hemoglobin pada sel darah mereka.Cynokobalamin merupakan senyawa yang berfungsi untuk membentuk zat Hemoglobin tersebut. Dengan mengonsumsi susu kambing Etawa secara teratur, penderita Demam Berdarah dan Anemia tidak perlu khawatir lagi kekurangan zat Hemoglobin. Tidak hanya itu saja, senyawa ini juga dapat membantu mengurangi keluhan pada penderita Thalasemia.

4. Kalium

senyawa yang juga memiliki nama lain Potassium ini membantu mengontrol tekanan gula darah. Dengan mengonsumsi susu kambing Etawa, kita dapat mengurangi resiko terkena penyakit Stroke dan serangan jantung. Hal ini tentunya bertentangan dengan anggapan umum yang mengatakan bahwa susu kambing tidak baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi.

5. Kalsium

seperti kebanyakan susu pada umumnya, susu kambing Etawa juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Kalsium pada susu ini sangat baik dikonsumsi oleh anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Meskipun demikian, susu dengan kandungan Kalsium ini juga baik dikonsumsi oleh manula. Kalsium dapat mengurangi resiko terkena keropos tulang atau Osteoporosis pada tulang manula.

6. Medium Chain Trygliseride

zat ini merupakan senyawa lemak larut air yang dapat diserap oleh tubuh dengan mudah. Seperti halnya karbohidrat yang dibakar untuk menghasilkan energi, MCT juga dibakar melalui proses metabolisme. Namun karena kalori lemak pada senyawa ini sedikit, maka metabolisme membakar lemak lebih banyak. Dengan demikian, susu kambing Etawa cocok bagi orang yang sedang menjalankan program diet dan sedang dalam masa penyembuhan dari penyakit Stroke.

7. Riboflavin

senyawa yang sering disebut sebagai Vitamin B2 ini memiliki khasiat sebagai sumber Antioksidan dalam tubuh.Selain berfungsi untuk menghasilkan energi, Riboflavin juga membantu dalam mengganti jaringan yang rusak. Pada anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, mengonsumsi susu kambing Etawa secara rutin dapat membantu perkembangan sel otak dan sel syaraf. Hal ini tentunya sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan mereka.

8. Enzim Xanthine Oxydase dan Niasin

Senyawa Niasin atau yang memiliki nama lain sebagai Vitamin B3 ini bekerja sama dengan Enzim Xanthine Oxydase dapat membantu mengatasi pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya itu saja, kedua zat tersebut mampu menurangi efek toksis dari kemoterapi.

9. Beta-Lactoglobulin

senyawa pada susu kambing Etawa yang satu ini memiliki peranan dalam menahan protein yang disebabkan oleh alergi pada penyakit tertentu.

Lihat pertanyaan yang sering muncul

Cari Jawaban